Inilah Kualitas Prospek Kerja Teknik Informatika Game Developer

prospek kerja teknik informatika

Siapa yang di hapenya terintall game? Pernahkah and amerasa penasaran, darimana game yang and amainkan berasal? Siapa yang berhasil membuat game seseru ini? Game seru yang anda mainkan tetnu saja tidak dibuat oleh seseorang, namun dibuat oleh tim khusus dengan tugas dan keahliannya masing-masing. Salah satunya adalah game developer. Di IDS Digital College, Anda akan mendapatkan materi untuk merancang sebuah game dan inilah yang akan menjadi prospek kerja teknik informatika yang cukup menjanjikan.

Seorang game developer dituntut untuk menguasai software developer untuk pembuatan video game. Hal inilah yang membuat profesi ini banyak ditekuni oleh lulusan teknik informatika. Selain menguasai software developer, seorang game developer juga dituntut menguasai pemrograman. Apakah hanya dua itu saja? Tentu tidak. Mereka juga dituntut untuk selalu berifikir kratif dan inovatif untuk menciptakan game yang bernilai seni dan sesuai dengan sasaran market mereka.

prospek kerja teknik informatika
                                     prospek kerja teknik informatika

Game yang dimainkan setiap harinya ternyata melalui proses pembuatan yang cukup rumit dan panjang. Pada tahap awal, game developer akan melakukan riset untuk emmbuat storyboard (jalan cerita) pada video game yang akan dibuat. Selanjutnya berbagai elemen visual akan digabungkan dengan menginput kode-kode pemrograman. Maka dari itu untuk menjadi seorang game developer harus memiliki kualitas tertentu, diantaranya adalah :

1. Dari Segi Hobi

Bekerja sesuai dengan hobi tentu menjadi hal yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang suka bermain game. Kini sudah banyak perusahaan pengembang video game yang mencari para game developer berdasarkan dari hobinya yang terkait dengan bermain video game. Ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk mengembangkan karir sebagai seorang game developer. Anda tidak hanya bisa memainkannya saja namun juga bisa menciptakan game sendiri. Pekerjaan yang menantang namun menyenangkan, bukan?

Menjadi seorang game developer sebenarnya bukan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapapun karena dalam pekerjaan ini dituntut harus sempurna dengan tekanan deadline yang tinggi. Tantangan inilah yang membuat banyak orang enggan menekuni profesi ini, padahal game developer menjadi salah satu prospek kerja teknik informatika yang patut dipertimbangkan.

 Bila ini merupakan hobi maka segala tugas, aktivitas hingga tekanan sebagai seorang game developer akan lebih mudah untuk dihadapi. Selain itu akan lebih mudah juga dalam memahami karakter game, jalan ceritanya, cara bermain hingga menyesuaikan dengan selera para gamer lainnya.

2. Dari Segi Kreativitas

Sudah dijelaskan di atas bahwa sebagai seorang game developer harus memiliki ide kreatif yang tinggi karena pekerjan ini akan berkaitan dengan strategi, intrik, dan animasi visual. Maka dari itu untuk bisa menciptakan sebuah desain video game yang unik dan menarik secara visual dibutuhkan kreatifitas yang tinggi.

Beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang game developer diantaranya adalah harus mampu membangun jalan cerita game yang menantang sehingga membuat para gamer tertarik untuk membelinya. Tidak cukup hanya jalan ceritanya, peran atau karakter juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dari sebuah video game. Buatlah karakter utama yang atraktif agar para gamer bisa mudah untuk tertarik.

3. Dari Segi Pendidikan

Hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan adalah pendidikan. Maka untuk memilih seorang game developer terbaik harus juga dilihat dari pendidikannya. Biasanya syarat menjadi seorang game developer minimal sarjana di bidang ilmu teknik informatika. Apalagi bila Anda merupakan lulusan dari IDS Digital College dan ditambah dengan pengalaman yang berkaitan dengan bahasa pemrograman komputer bisa membuat Anda lebih unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *