Memahami 3 Software Editing Bagi Pemula

Sekolah Video Editing

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk menunjukkan kreatifitas nya, termasuk dalam seni visual pengolahan video atau video editing. Maka tak heran jika semakin banyak bermunculan sekolah video editing seprerti International Design School (IDS) yang bertujuan untuk menaungi kreatifitas dari generasi muda yang semakin banyak setiap tahunnya. 

Selain teknik kamera, dalam dunia pengambilan video juga terdapat sebuah proses yang dinamakan editing, atau mengatur komposisi gambar yang didapatkan dari hasil pengambilan kamera. Proses editing ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran selama proses tersebut untuk menghasilkan sebuah video utuh sebelum akhirnya mencapai tahap akhir. 

Sekolah Video Editing
Sekolah Video Editing

Untuk melakukan proses editing ini pun dibutuhkan alat bantu aplikasi atau software komputer yang bertujuan untuk mempermudah kerja para editor video. Jadi, jika Anda termasuk orang yang kreatif dan memiliki semangat serta passion menjadi video editor, maka setidaknya harus mengetahui 3 software umum yang biasa digunakan untuk mengedit video, yaitu:

  1. Software Adobe Premiere Pro 

Bagi yang sudah pernah bersentuhan dengan dunia editing, pasti sudah paham bahwa adobe premiere pro adalah software yang paling umum digunakan oleh para editor. Selain tampilan softwarenya yang mudah dimengerti, proses untuk melakukan setiap perintah juga dibuat sedemikian rupa agar mudah untuk digunakan, apalagi bagi seorang pemula. 

Jika Anda termasuk orang yang baru belajar di dunia video editing, maka software Adobe Premiere Pro sangat disarankan. Anda pun bisa mendapatkan tutorial singkatnya di internet. Atau, jika ingin mendapatkan ilmunya secara lengkap, bisa mengikuti kursus singkat sekolah video editing bersama International Design School (IDS). 

Menariknya, Software Adobe Premiere pro bisa dikatakan menjadi favorit para editor berkat adanya beragam efek video yang bisa digunakan secara gratis lewat unduhan di internet. Semakin banyak efek, semakin mudah Anda mendapatkan ide untuk berkreatifitas. 

  1. Software Final Cut Pro 

Biasanya, para video editor terbagi menjadi dua jenis, yakni pengguna PC Windows, dan pengguna Apple seperti Macbook atau pun iMac. Ini tergantung kepada selera dan kenyamanan Anda masing-masing. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan Apple, maka software Final Cut Pro lah yang paling disarankan. Tak jauh berbeda dengan Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro ini juga menawarkan tampilan yang mudah untuk dimengerti. 

Sementara itu, yang menjadi keunggulan dari software ini sendiri adalah proses rendering yang lebih cepat dibandingkan software lain. Akan tetapi, yang menjadi kelemahannya adalah keterbatasan penggunaan Final Cut Pro, karena hanya dimiliki oleh produk Apple saja. 

  1. Software DaVinci Resolve 

Merupakan besutan dari salah satu brand kamera untuk perfilman yakni Blackmagic Design, software ini menjadi tantangan tersendiri bagi para editor di manapun. Software ini sendiri lebih dominan untuk mendukung proses perfilman. Jadi, jangan heran jika Anda akan menemukan banyak fungsi editing khusus untuk perfilman profesional di dalamnya. Salah satunya adalah fitur grading, dan fitur masking, yang lebih luas dibanding software lainnya.

Untuk saat ini, penggunaan software DaVinci Resolve ini masih terbilang jarang karena terbilang cukup sulit untuk dipelajari. Namun, jika Anda lebih memfokuskan diri dalam kerja editing film, maka software ini sangat disarankan. 

Lantas, manakah yang menurut Anda paling nyaman untuk digunakan? Atau bagi Anda yang baru mulai belajar menjadi video editor, software apakah yang akan Anda pakai? Anda yang tentukan sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *