Usia Janin Bisa Menjadi Tolok Ukur Pertumbuhannya

usia janin

Kehamilan adalah momen berharga bagi seorang wanita. Namun, bagi yang pertama kali mengalaminya, akan ada perasaan ingin tahu yang cukup besar. Yakni, terkait pertumbuhan si buah hati. Nah, tak perlu bingung, Bunda bisa mengunjungi Bidan Sela yang akan sedia menjawab segala keluhan Bunda terkait kehamilan.

Rasa ingin tahu ini biasanya akan berubah menjadi kekhawatiran. Apakah perkembangan  buah hati sudah sesuai usia janin? Atau berbagai pertanyaan lain, yang sering mengganggu pikiran bunda.

Untuk menghilangkan rasa khawatir yang berlebih, Berikut beberapa ciri si kecil sehat dan berkembang.

  1. Janin terasa begitu aktif

Salah satu tanda janin yang sehat adalah melalui pergerakannya. Kesehatan si kecil bisa di pantau saat makin aktifnya gerakan  seiring bertambahnya usia kandungan. Bahkan, janin bisa merespon suara dari luar kandungan, loh, Bunda!

usia janin
                                                                                  usia janin
  1. Melakukan Pengukuran

Ukuran janin dari waktu ke waktu hingga masuk usia kelahiran akan terus bertambah. Umumnya saat  janin menginjak usia 5 bulan, sudah berukuran sekitar 25 sentimeter. Dan ukuran ini akan terus meningkat dari hari ke hari. Menjelang kelahiran, atau usia kehamilan 9 bulan maka janin akan berukuran sekitar 50 sentimeter.

  1. Detak jantung janin

Salah satu ciri janin sehat ialah dengan memperhatikan detak jantung bayi. Menurut penelitian, bayi berkembang dan sehat adalah yang memiliki detak jantung yang kuat. Namun, tidak berlebihan ya, bunda.

Sebagai informasi, bahwa jantung bayi mulai berdetak pada rentang minggu kelima kehamilan. Maka dari itu, Bunda perlu waspada jika detak jantung bayi terdengar lemah. Standar hitungan detak jantung bayi ini bisa dimulai sekitar 110 hingga 160 denyut per menitnya. Hitungan ini berdasarkan janin usia 9 bulan yang normal.

  1. Posisi janin berubah

Posisi janin yang berubah ini menandakan si kecil sehat dan berkembang. Sebab, menjelang hari kelahiran si kecil ini akan terus bergerak menempatkan dirinya tepat di jalan  lahir.

Perkembangan janin selama di dalam kandungan memang selalu menakjubkan dan menimbulkan rasa haru bagi seorang ibu. Pantau selalu perkembangan kehamilan bunda. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan, agar kesehatan janin selama kehamilan terjaga dan diketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *