Tips Praktis Dalam Mengajarkan Anak Belajar Membaca

belajar-membaca

Saat mendebarkan bagi orang tua yang akan memasukan anaknya ke bangku sekolah dasar (SD) adalah bagaimana tes masuk untuk bisa sekolah di SD tersebut. Biasanya pada beberapa sekolah sudah menerapkan akan tes membaca atau menghitung, sehingga untuk hal tersebut menjadi beban tersendiri bagi orang tua yang mengetahui bahwa kemampuan membaca atau menghitung anaknya masih dirasa kurang. Untuk hal tersebut maka sebagai orang tua bisa menyiapkan sejak usia dini anaknya dalam belajar membaca dengan praktis dan mudah.

Untuk bisa membuat anak belajar membaca saat dini maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan sehingga dalam belajar membaca yang dilakukan tidak membebaninya. Anak tetap bisa bermain sesuai dengan dunianya yang penuh dengan kegembiraan, karena memang dunia anak adalah dunia bermain sehingga dalam belajar membacapun harus semenarik mungkin bagi anak. Dan untuk tips dalam belajar membaca bagi anak berikut ini diantara yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  1. Sering membacakan buku. Dalam membacakan buku bagi anak usia dini anda dapat melakukannya dengan membacakan buku cerita sebelum anak tidur. Walaupun untuk pertama-tama anak biasanya cukup sulit tetapi dengan ketekunan dan keuletan ibu akan menjadi suatu kebiasaan bagi anak untuk selalu mendengarkan buku bacaan dan nantinya ia akan suka sendiri untuk belajar membaca.
  2. Membaca sambil bermain. Hal ini dapat dilakukan oleh ibu saat belajar membaca dengan mengajak anak bermain. Misalnya mencari kata atau gambar hewan dengan tulisan yang disembunyikan. Hal ini akan membuat anak lebih semangat karena ia merasa seolah-olah tidak sedang belajar membaca tetapi bermain. Anakpun tidak akan bosan dengan apa belajar yang seperti ini karena ia masih bisa bergerak bebas kemanapun yang disukainya.
  3. Membuang pemikiran bahwa mengajarkan membaca adalah suatu beban. Jika dalam pikiran sudah tertanam bahwa mengajarkan membaca adalah suatu beban yang berat, maka hal tersebut akan berdampak negatif pada pemikiran ibu. Selain itu bagi anakpun akan menjadi suatu beban karena diharuskan untuk belajar membaca yang kurang disukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *