Universitas Indonesia Jurusan

Universitas Indonesia Jurusan

Jurusan yang diambil saat anda kuliah di perguruan tinggi  berperan yang sangat besar untuk masa depan anda kelak di kemudian har. Meskipun tidak jarang banyak orang yang bekerja ataupun berprofesi tidak sesuai dengan jurusannya ketika kuliah di perguruan tinggi. Sehingga saat kita memilih jurusan berarti kita sedang memilih masa depan kita, Menjadi apa kita kelak salah satunya ditentukan oleh jurusan yang kita pilih di universitas. Misal ketika kita kuliah di Universitas Indonesia jurusan teknik mesin itu berarti kita akan menjadi seorang enginering atau paling tidak berkecimping di dunia enginering. Oleh karena itu dalam memilih jurusan sebaiknya dipertimbngkan beberapa hal berikut.

  1. Kemampuan akademik kita. Misalnya kita menginginkan memperdalam di bidang teknik mesin. Ketika memilih jurusan, jangan terbawa oleh pbsesi kita yang tidak realistis. Misalnya nilai setiap TO (Tray Out) seleksi misal perguruan tinggi negeri itu Cuma memperoleh rata 30.  Sementara obsesi klita masuk teknik mesin ITB yang punya passing grade 42. Jangan dipaksakan masuk jurusan tersebut karena kalau dipaksakan sama seperti bunuh diri. Hal itu dikarenakan peluang kita dapat diterima sangat kecil sekali. Pilihlah perguruan tinggi lain yang passing grade lebih kecil dari nilai rata-rata TO kita tetapi masih dengan jurusan yang sama.
  2. Kemampuan financial. Diskusikan dengan ayah dan ibu kita ketika kita akan memilih sebuah jurusan di perguruan tinggi tertentu. Misal, ketika kita mempunyai obsesi ingin kuliah di fakultas kedokteran yang pasti banyak membutuhkan biaya. Kalau orang tua menyanggupi, lanjutkan. Kalau sudah tidak sanggup dan tidak bisa diusahakan lagi dengan beasiswa misalnya lebih baik ganti dengan jurusan yang masih serumpun. Contohnya seperti keperawatan,farmasi,analis kesehatan, atau biologi.
  3. Masa depan setelah lulus dari jurusan tersebut. Misalnya kita ingin sekali tercatat menjadi mahasiswa UI. Hanya menuruti gengsi dan tidak tahu prospek ke depannya, kita memilih Universitas Indonesia jurusan sejarah misalnya. Padahal kita [un tidak menyukai bidang ilmu

Dari ketiga hal di atas yang paling penting adalah berkomunikasi dengan kedua orang tua, sehingga ketika kita memilih Universitas Indonesia jurusan managemen itu dengan sepengetahuan orang tua kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *