Pendaftaran Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Banyak pemuda dan pemudi Indonesia yang berlomba – lomba meraih kesempatan untuk dapat mengenyam ilmu di jenjang pendidikan tinggi dengan kampus terbaik. Sehingga tidak heram ketika saatnya pendaftaran perguruan tinggi di buka para pemuda dan pemudi di Indonesia disibukkna dengan serangkaiakn kegiatan ujian masuk ke berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Adakalnya sorang anak mengikuti dua atau tiga perguruan tinggi yang berbeda baik negeri ataupun swasta. Universitas Indonesia merupakan slah satu universitas yang menjadi incaran para pemuda dan pemudi Indonesia selain dari perguruan tinggi lain seperti Intitut Teknologi Bandung dan Universitas Gajah Mada.

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi tebaik di indonesia, Universitas yang memiliki dua lokasi ini (Salemba dan Depok) memiliki tiga rumpun ilmu yang dijabarkan menjadi tiga belas fakultas dan dua ratus sembilan puluh satu program studi. Universitas yang telah menghasilkan lebih dari 400.000 lulusan ini memiliki beberapa jalur tes untuk penerimaan mahasiswanya, yang dapat di ikuti oleh seluruh putra – putri terbaik bangsa. Berikut adalah jalur tes yang di laksanakan Universitas Indonesia :

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), adalah seleksi masuk yang diselenggarakan serentak oleh pemerintah secara nasional. Pola seleksi penerimaan mahasiswa baru ini menggunakan prestasi akademis (nilai raport). Program ini diperuntukkan bagi siswa/i yang berasal dari sekolah-sekolah yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN.
  2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), adalah seleksi masuk yang dilaksanakan berdasarkan kesepakatan beberapa perguruan tinggi dan diselenggarakan oleh himpunan rektor perguruan tinggi negeri.
  3. PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar)
  4. SIMAK (Seleksi Masuk Universitas Indonesia)
  5. KI (kelas International)

Tinggkat kesulitan untu masuk ke Universitas Indonesia sangat tinggi, dimana setiap tahun rata – rata yang diterima hanya 5% dari jumlah pendaftar yang akan di terima, hal itu disebabkan oleh daya tampung Universitas tidak seimbang dengan jumlah peminat yang mendaftar. Dan biarasanya jumlah pendaftar selalu membludak bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *