Ilmu Kesehatan pascasarjana UI

Universitas Indonesia pasca sarjana

Ada kebiasaan di masyarakat kita terutama masyarakat dari golongan dengan kemampuan ekonomi menengah ke atas nengenyam pendidikan tinggi di luar negeri, mereka beranggapan bahwa dengan mengenyam pendidikan di luar negeri akan memberikan kesempatan dan kemudahan yang lebih tinggi ketika berkecimpung di dunia kerja selain akan meningkatkan prestice mereka. Namun sebenarnya perguruan tinggi di Indonesia juga sudah mampu mencetak tenanga ahi yang handal di tingkat magister dan Doktor. Universitas Indonesia pasca sarjana merupakan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi jenjang pasca sarjana yang dapat mencetak tenaga ahli yang telah teruji kemampuannya bahkan sejak tahun 1950.

Sama seperti jenjang pendidikan sarjana, Universitas Indonesia pasca sarjana juga secara garis besar terbagi menjadi tiga rumpun ilmu pengetahuan yaitu rumpun ilmu sains dan teknologi, rumpun ilmu kesehatan dan rumpun ilmu sosial dan humaniora. Berukut adalah beberapa program pendidikan pasca sarjana jenjang S2 yang termasuk kedalam rumpun iilmu kesehatan :

  • Fakultas kedokteran, dengan progran studi Ilmu Biomedik (Kedokteran Dasar), Ilmu Gizi, Kedokteran Kerja, dan Magister Pendidikan Kedokteran
  • Fakultas kedokteran gigi, dengan program studi Ilmu Kedokteran Gigi Dasar dan Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas
  • Fakultas kesehatan masyarakat, dengan program studi Administrasi Rumah Sakit, Epidemiologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Fakultas farmasi, dengan program studi Magister Ilmu Kefarmasian dan Magister Ilmu Herbal
  • Fakultas ilmukeperawatan, dengan program studi ilmu keperawatan.

Lulusan Universitas Indonesia pasca sarjana jenjang S2 mendapatkan gelar Magister sesuai dengan bidang keahliannya masing – masing. Kesemua lulusan pasca sarjana Universitas Indonesia ini mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi manapun baik di dalm negeri maupu dari luar negeri, sehingga tidak ada lagi lasan bagi kita untuk ragu menempuh jenjang pendidikan tinggi jenjang magister atau Doktor di perguruan tinggi di dalam negeri. Justru kita akan memiliki banyak keuntungan dan kelabihan jika kita menegnyam pendidikan pasca sarjana di dalam negeri, slah satunya dari segi pembiayaan yang relatif terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *